Minggu, 12 Mei 2019

Kartul Bab I



Bab I
 Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
      Pada zaman ini, kita telah memasuki era digital. Era digital adalah istilah memasuki zaman “digital”, misalnya, kemunculan jaringan internet, gawai, dan khususnya teknologi komputer. Media baru sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital. Media baru memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan atau internet. Selain internet, media lain seperti media cetak, televisi, majalah, koran dan lain-lain bukanlah termasuk dalam kategori media baru. Media massa beralih ke media baru atau internet karena adanya pergeseran budaya dalam sebuah penyampaian informasi. Kemampuan media baru lebih memudahkan masyarakat untuk menerima informasi lebih cepat dan dalam.
      Kecepatan dalam menerima infomasi menjadi tantangan tersendiri dan juga memberikan peluang dalam era digital ini. Contohnya ada beberapa kasus yang sempat menghangat di media sosial, seperti hoaks atau penyebaran berita yang tidak benar yang dapat memberikan dampak di dalam masyarakat kita yang sangat heterogen. Hal ini dikarenakan adanya peluang yang digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan norma dan etika dalam penggunaan media sosial tersebut.
Penulis ingin sekali tahu mengapa kebanyakan orang membiarkan peluang yang bermanfaat dalam penggunaan media sosial ini lewat begitu saja. Semestinya dengan pemanfaatan yang benar, masyarakat dapat menghasilkan dan memberikan sesuatu hal yang bermanfaat bagi diri maupun orang lain yang dapat meningkatkan taraf hidupnya kelak. Sebagai contoh Atta Halilintar, seorang youtuber terkenal dari Indonesia yang menggunakan media internet sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat dengan cara membuat video dengan konten-konten yang menarik dan dapat meraih keuntungan bagi dirinya sehingga menjadi sebuah peluang baru sebagai mata pencahariannya.

1.2  Rumusan Masalah
Pada era digital yang selalu berkembang ini, banyak sekali permasalahan yang terjadi. Semua itu dapat saya simpulkan dengan lima pertanyaan singkat, yaitu:
1.      Apa itu pengertian Era Digital?
2.      Apa saja peluang di era digital dan dampaknya?
3.      Apa saja tantangan di era digital dan dampaknya?
4.      Bagaimana cara mengatasi tantangan pada era digital?
      
1.3  Batasan Masalah
Dari semua pertanyaan di atas, penulis menyimpulkan bahwa inti pembahasan adalah untuk mengetahui peluang dan tantangan apa saja yang dihadapi di era digital ini.


1.4  Tujuan Penulisan
Tujuan utama saya mengadakan riset ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui pengertian era digital.
2.      Mengetahui apa saja peluang di era digital dan dampaknya.
3.      Mengetahui apa saja tantangan di era digital dan dampaknya.
4.      Mengetahui cara mengatasi tantangan pada era digital.

1.5 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan studi pustaka yaitu dengan membaca buku, melihat, dan mencari informasi atas beberapa peristiwa yang terjadi di masyarakat dari internet.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cita - Cita Anak Labschool

Semua orang pasti memiliki cita-cita. Cita -cita  adalah suatu impian dan harapan seseorang, cita cita  adalah mimpi, mimpi adalah kunci yan...