Kamis, 17 Oktober 2019

Sinergi, Kolaborasi, Tradisi JUARAA!!

Saat kelas tujuh, kami mengikuti karya wisata. Naik kelas delapan, banyak sekali kegiatan yang bersifat mengeksplor dan mengembangkan kemampuan diri. Kelas sembilan merupakan masa fokus menuju target angkatan, dan salah satu kegiatan yang ada adalah AMT, atau Achievement Motivational Training. AMT adalah acara motivasi yang deperuntukkan untuk kelas 9.

AMT (Achievement Motivation Training) berlangsung selama 2 hari, yang sebelumnya di awali dengan Career Day. Hari pertama AMT (Achievement Motivation Training) berisi materi – materi tentang motivasi. Hari kedua AMT (Achievement Motivation Training) berisi waktu bebas untuk para siswa bersenang – senang.

Hari pertama AMT (Achievement Motivation Training) dimulai pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2019. Pada hari ini para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta berkumpul terlebih dahulu di sekolah. Sebelum berangkat, para siswa diperkenankan untuk meletakkan barang – barangnya di bagasi bis terlebih dahulu. Setelah para siswa telah meletakkan barang – barangnya, siswa pun diminta berkumpul untuk melaksananakan apel pelepasan.

Apel dilaksanakan selama kurang lebih 30 menit, hanya pengarahan dan penyemangatan. Apel dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB. Apel diawali dengan sambutan – sambutan. Lalu, pengenalan terhadap "aset" angkatan 26 dan ditutup dengan pesan – pesan.

Setelah apel selesai, para siswa pun diminta berjalan dan masuk ke dalam bis. Perjalanan pun dimulai. Perjalanan siswa kelas 9 adalah menuju The Highland Park Resort Bogor. Perjalanan menuju The Highland Park Resort Bogor memakan waktu kurang lebih 2 jam. Perjalalan menuju The Highland Park Resort Bogor berlangsung dari jam 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB.

Sesampainya di sana, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta diberi waktu untuk meletakkan barang dan melihat pemandangan sekitar selama 30 menit. Sesi ini berlangsung dari pukul 09.30 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Setelah sesi ini selesai, materi pertama pun dimulai.

Pada materi pertama, siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta mepelajari bahwa ‘Setiap Anak Juara’. Materi pertama ini disampaikan oleh Dik Doank. Materi ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Materi pertama ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Selesainya materi pertama, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta diberi waktu istirahat. Dalam sesi ini, para siswa SMP Labschool Jakarta diperkenankan untuk sholat dzuhur dan makan siang. Sesi ini berdurasi 1 jam. Sesi ini berlangsung dari pukul 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Setelah istirahat, para siswa SMP Labschool Jakarta menerima materi kedua. Materi kedua berisi tentang ‘Speed Reading and Super Great Memory’. Narasumber materi kedua ini adalah Irwan Widiatmoko. Materi kedua berdurasi kurang lebih 2 jam. Materi kedua berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

Setelah materi kedua selesai, para siswa diberikan waktu istirahat. Sesi ini digunakan untuk melaksanakan sholat asr. Waktu istirahat ini berdurasi kurang lebih 30 menit. Sesi ini berlangsung dari pukul 15.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB.

Setlah istirahat, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta kembali berkumpul untuk materi ketiga. Materi ketiga berisi tentang ‘Motivasi’. Narasumber pada materi ketiga ini adalah Aris Ahmad Jaya. Materi ketiga ini terbagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama ini berdurasi kurang lebih 2 jam. Sesi pertama ini berlangsung dari pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB.

Setelah sesi pertama materi ketiga selesai, para siswa diberikan waktu istirihat. Waktu istirahat ini digunakan untuk pembagian kamar, mandi, makan malam, sholat maghrib, dan sholat isya. Waktu istirahat ini berdurasi kurang lebih 1.5 jam. Sesi ini berlangsung dari pukul 17.30 WIB sampai dengan 19.00 WIB.

Setelah istirahat, para siswa SMP Labschool Jakarta diberikan materi ketiga sesi kedua. Sesi ini berdurasi kurang lebih 1.5 jam. Sesi ini berlangsung dari pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Setelah semua mteri selesai, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta melaksanakan kegiatan ‘ Target Angkatan’. Kegiatan ini berisi tentang target para guru dan para murid untuk nilai UN 2020. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 1 jam. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 21.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Setelah kegiatan tersebut selesai, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta diberi waktu snack time. Pada sesi ini, para siswa diberikan makanan malam. Sesi ini berdurasi kurang lebih 1 jam. Sesi ini berlangsung dari pukul 22.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB.

Setelah snack time, para siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta diberikan waktu istirahat. Istirahat ini digunakan untuk tidur. Sesi ini berdurasi kurang lebih jam 5 jam. Sesi ini berlangsung dari pukul 23.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB.

Hari kedua AMT (Achievement Motivation Training) dimulai. Hari ini para digunakan para siswa untuk beristirahat dan bermain. Selain itu, hari ini juga digunakan untuk penutupan AMT (Achievement Motivation Training). Pada sore harinya, siswa kelas 9 SMP Labschool Jakarta pulang ke Jakarta.

Secara keseluruhan, AMT (Achievement Motivation Training) berjalan dengan lancar. AMT (Achievement Motivation Training) sangat bermanfaat. Oleh karena itu, saya sangat senang mengikuti AMT (Achievement Motivation Training).

1 komentar:

  1. semoga nilai unbk angkatan ke 26 tinggi dan meraih nilai unbk tertinggi secara nasional. aamiin

    BalasHapus

Cita - Cita Anak Labschool

Semua orang pasti memiliki cita-cita. Cita -cita  adalah suatu impian dan harapan seseorang, cita cita  adalah mimpi, mimpi adalah kunci yan...